Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Dasar FKIP UMPR oleh Tim Asesor LAMDIK

Penyerahan berita acara Asesmen Lapangan Oleh Tim Asesor LAMDIK kepada Dekan FKIP UMPR

 

Palangka Raya – Program Studi Magister Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) baru-baru ini menjalani Asesmen Lapangan (AL) untuk proses akreditasi, yang dilaksanakan pada hari Selasa hingga Rabu, 14-15 Januari 2025. Asesmen ini dilakukan oleh Tim Asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi (LAMDIK) Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd dan Prof. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.

Kegiatan asesmen lapangan ini berlangsung di Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, yang bertujuan untuk menilai kualitas dan standar pendidikan yang diberikan oleh Program Studi Magister Pendidikan Dasar FKIP UMPR. Tim asesor yang terdiri dari para ahli di bidang pendidikan melakukan evaluasi mendalam terhadap berbagai aspek, termasuk kurikulum, fasilitas, sumber daya manusia, serta hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh program studi ini.

Pada kesempatan tersebut, Tim Asesor berinteraksi dengan pimpinan universitas, fakultas, dosen, mahasiswa, serta alumni untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai pelaksanaan program studi tersebut. Selain itu, asesmen lapangan juga dilaksanakan dengan memeriksa berbagai dokumen pendukung yang relevan untuk memastikan bahwa program studi memenuhi standar yang ditetapkan oleh LAMDIK.

Rektor UMPR, Dr. Muhamad Yusuf, S.Sos., M.A.P., dalam sambutannya menyampaikan “Proses akreditasi ini adalah langkah strategis untuk memastikan bahwa Program Studi Magister Pendidikan Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tidak hanya memenuhi standar yang ditetapkan, tetapi juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitasnya. Kami berharap asesmen lapangan ini akan memberikan masukan yang konstruktif, sehingga kami dapat terus berkembang dan memberikan pendidikan yang lebih baik bagi generasi penerus bangsa.”

Hal senada disampaikan  oleh Dekan FKIP UMPR, Hendri, M.Pd., dalam kesempatan tersebut menyatakan, “Proses akreditasi ini merupakan bagian penting dalam upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa. Kami berharap asesmen lapangan ini mendapatkan nilai yang maksimal yaitu unggul dan dapat memberikan masukan yang konstruktif untuk pengembangan Program Studi Magister Pendidikan Dasar ke depan.”

Hasil dari asesmen lapangan ini diharapkan dapat meningkatkan reputasi dan daya saing Program Studi Magister Pendidikan Dasar FKIP UMPR, serta memperkuat komitmen universitas dalam menyediakan pendidikan berkualitas bagi calon pendidik yang profesional dan kompeten.

UMPR berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan akademik guna mewujudkan visi menjadi unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan iman dan taqwa. (my)