Visi Misi

S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Visi Keilmuan
 

Visi keilmuan prodi PGSD adalah “Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran ke-SD-an yang inovatif dan inklusif berorientasi pada multikulturalisme, penguatan karakter dan kompetensi literasi digital yang unggul berlandaskan IPTEK dan IMTAQ”

Tujuan
 
  1. Terwujudnya individu yang kompeten, terampil dan unggul dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan inklusif berlandaskan IPTEK dan IMTAQ
  2. Terwujudnya pendidik, akademisi, dan peneliti pemula yang mengangkat isu-isu global dan multikulturalisme dalam pembelajaran jenjang sekolah dasar.
  3. Terwujudnya integrasi digital dalam pengabdian kepada masyarakat untuk berkontribusi menciptakan pembelajaran yang interaktif dan bidang eduprenuership di jenjang sekolah dasar.

 

Strategi
 

Berdasarkan visi keilmuan dan tujuan PS PGSD FKIP UMPR tersebut maka strategi pencapaian tujuan PS PGSD FKIP UMPR meliputi:

  1. Membekali kompetensi sebagai pendidik sekolah dasar meliputi kompetensi profesional (melalui semua mata kuliah keilmuan sekolah dasar baik teori maupun praktik), pedagogi (melalui semua mata kuliah kependidikan seperti Filsafat Pendidikan, Pengantar Pendidikan, Pengembangan Kurikulum SD, Profesi Kependidikan, strategi pembelajaran SD), kepribadian dan sosial (melalui semua mata kuliah umum seperti bahasa indonesia, kewirausahaan, pancasila, pendidikan kewarganegaraan, PPL II (Praktik Mengajar di Sekolah), KKN dan Kuliah Kerja Lapangan).
  2. Membekali kompetensi sebagai pendidik yang memahami dampak-dampak isu global dalam konteks pendidikan dengan adanya integrasi penelitian dosen tentang isu global dan multikulturalisme, pembimbingan penelitian mahasiswa dengan fokus pada inklusivitas dan inovasi pembelajaran.
  3. Membekali kompetensi sebagai pendidik yang mengembangkan kurikulum menggunakan dan menerapkan teknologi digital dalam pembelajaran dengan adanya pembuatan media pembelajaran digital, desain pembelajaran interaktif, serta metode dan alat untuk pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar (melalui mata kuliah media pembelajaran berbasis teknologi dan pembelajaran digital).
  4. Membekali kompetensi sebagai pendidik yang mampu menerapkan pembelajaran kooperatif dan kolaboratif berbasis pendekatan inklusif (melalui mata kuliah psikologi pendidikan dan pendidikan anak berkebutuhan khusus),
  5. Membekali kompetensi sebagai pendidik yang memiliki keimanan dan ketaqwaan melalui mata kuliah Kemuhammadiyahan meliputi kegiatan keagamaan, ibadah dan muamalah.