PEMBELAJARAN online didefinisikan sebagai “pengalaman belajar dalam lingkungan sinkron atau asinkron menggunakan perangkat yang berbeda (misalnya, ponsel, laptop, dll.) dengan akses internet. Dalam lingkungan ini, siswa dapat berada di mana saja (mandiri) untuk belajar dan berinteraksi dengan instruktur dan siswa lainnya”. Lingkungan belajar sinkron terstruktur memiliki arti bahwa siswa menghadiri pembelajaran secara langsung, ada interaksi waktu nyata antara pendidik dan peserta didik, dan ada kemungkinan umpan balik juga secara langsung. Sedangkan lingkungan belajar asinkron adalah lingkungan belajar yang tidak terstruktur yaitu siswa melakukan pembelajaran tidak secara langsung (daring). Banyak masalah terkait dengan pendidikan online, tetapi kita tidak dapat mengabaikan manfaat pembelajaran online di saat krisis seperti itu. Dengan adanya tantangan pembelajaran online inilah dosen dosen fakulutas keguruan dan ilmu Pendidikan melakukan pengabdian masyarkat dengan menerapkan 5 kriteria dalam pembelajaran online. Kriteria-kriteria tersebut adalah instruksi, konten, motivasi, relasi, dan kesehatan mental. Hasil pengabdian masuarakat yang dilakukan di SMK karsa mulya menunjukan bahwa 5 kriteria menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Guru sebagai motor bagi peserta didik memiliki peran vital unutk membentuk peserta didik menjadi pribadi yang berkualitas. Unutk menghasilkan peserta didik yang berkualitas dibutuhkannya keterampilan dan kemampuan kriteria 5 ini, red.